Museum Benteng Vredeburg

Siapa bilang ke museum itu membosankan? Jika Anda lama tidak mengunjungi Jogja berhati nyaman, silahkan luangkan waktu. Salah satunya adalah untuk mengunjungi museum ini. Museum ini sebenarnya adalah sebuah benteng yang berganti nama menjadi Fort Rustenburg dan kemudian berganti lagi menjadi Vredeburg. Tepatnya museum ini terletak di titik 0 kota Yogyakarta berhati nyaman. Benteng ini direnovasi dari dana pemerintah Belanda atas benteng yang telah dibangun oleh pemerintahan Ngarsa Dalem Ngayogyakarta Hadiningrat pertama, Sri Sultan Hamengkubuwono I. Benteng yang tadinya sangat sederhana itu dibangun hanya lima tahun setelah perjanjian Giyanti. Kekhawatiran Belanda atas meningkatnya kekuatan keraton kasultanan Yogyakarta pada saat itu kemudian membuat Belanda merasa perlu mengambil alih benteng tepat di depan keraton yogyakarta tersebut.

Benteng ini mulai direnovasi atas perintah W.H.Ossenberch yang saat itu menggantikan kedudukan sebagai direktur Pantai Utara Jawa yang berkedudukan di Semarang. Renovasinya mulai dilaksanakan tahun 1765 dibawah pengawasan Nicolas Hartingh yang kedudukannya digantikan oleh W.H Ossenberch. Benteng ini selesai pada tahun 1787 dan diganti nama menjadi Vredeburg, yang artinya Benteng Perdamaian. Melalui Surat Keputusan Mendikbud RI Prof. Dr. Fuad Hasan nomor 0475/O/1992 tanggal 23 November 1992 secara resmi Benteng Vredeburg menjadi Museum Khusus Perjuangan Nasional dengan nama Museum Benteng Yogyakarta.

Salah satu hal menarik dari museum ini adalah gaya bangunan Eropa-nya. Benteng ini mempunyai banyak gedung di dalamnya dengan bentuk simetris kiri-kanan. Terdapat ruang diorama yg menggambarkan era perjuangan bangsa Indonesia. Era perjuangan simbah-simbah bangsa Indonesia kala itu. Lebih seru lagi, di setiap ruangan juga disuguhkan barang-barang peninggalan zaman dimana diorama itu dilukiskan. Seru kan? Cerita lanjutannya silahkan saksikan sendiri ketika Anda jalan-jalan meniti sejarah di ruangan museum eksotis ini.

Buat kamu-kamu yang suka nongkrong atau nyantai mencari inspirasi, terdapat tempat nongkrong untuk kaum muda di bagian depan. Sebuah cafe menarik yang telah dibangun menggunakan salah satu ruang benteng ini dengan konsep fine dining. Untuk wisata pendidikan pun museum ini harus menjadi salah satu lirikan. Nikmati petualangan seru wisata-wisata Jogja seperti ini bersama tim travelingyogyakarta.com.

Contact Us

Untuk memperoleh informasi lebih lanjut, silahkan Hubungi Kami